Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi
yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai
dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek,
gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian karyawan,
proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen
Manfaat
yang didapatkan Rumah Sakit dengan menggunaan SIMRS ini adalah:
·
Proses-proses
manajemen rumah sakit bisa terintegrasi antara satu bagian dengan bagian
lainnya.
·
Pengendalian stok obat
dan alkes multi gudang (multi apotek / floorstock) bisa dilakukan dengan lebih
mudah karena posisi stock up to date-nya bisa diketahui setiap saat.
·
Penagihan kepada
pasien bisa dibuat dalam sebuah single billing statement untuk semua jasa perawatan yang telah diterima
pasien.
·
Riwayat penyakit dan
perawatan (medical record) pasien bisa dikelola dan dipanggil dengan cepat dan otomatis.
·
Analisis statistik
diagnosa dan pembedahan terhadap pasien telah disesuaikan dengan standard yang
telah ditetapkan WHO.
·
Memudahkan proses budgeting dan pengendalian realisasinya.
·
Memudahkan penyusunan
rencana cash-flow dan pengendalian arus kas maupun bank.
·
Dengan SIMRS, resiko
keterlambatan pembayaran atau penagihan hutang piutang bisa dikurangi.
·
Menjaga konsistensi
data (data consistency) karena menggunaan data bersama (data sharing) baik data master (database pasien, dokter, perawat,
karyawan dan obat) maupun data transaksi.
·
Pemanfaatan data
keluaran / output dari suatu modul oleh modul lain (sebagai masukan / input)
sehingga bisa dihindari adanya redundansi proses antar bagian.
·
SIMRS memberikan
kemudahan dalam pembuatan laporan di semua unit, cepat dan akurat.
·
Pencetakan nota
pembayaran, kuitansi, surat menyurat bisa dilakukan dengan mudah.
·
Efisiensi waktu entri
data (entry time)
karena hanya dilakukan sekali oleh bagian yang paling berkompeten.
·
Efisiensi kerja
karyawan menjadi meningkat karena beberapa proses rutin seperti pembuatan
laporan atau perhitungan-perhitungan dilakukan secara otomatis dan cepat.
Dengan demikian karyawan lebih bisa berkonsentrasi kepada hal-hal yang bersifat
stratgis.
·
dll.
Teknologi
SIMRS kami Enterprise
Hospital System dibangun dengan
teknologi mutakhir berbasis Open Source dengan spesifikasi:
·
User Interface
berbasis Web PHP/AJAX
·
Database bisa
menyesuaikan dengan sistem yang ada (Kami merekomendasikan menggunakan My SQL ver. 5)
Spesifikasi Sistem
SIM RS tersusun atas
beberapa Sistem dan Modul :
1. Admin Sistem
2. Sistem Pelayanan Pasien / Billing System
2. Sistem Pelayanan Pasien / Billing System
·
Modul Loket/Registrasi
Pasien
·
Modul Pelayanan Rawat
Jalan
·
Modul Pelayanan Rawat
Inap
·
Modul UGD
·
Modul IRD
·
Modul Kamar Operasi
·
Modul Persalinan
·
Modul Paviliun
·
Modul Modul Rawat
Intensive (ICU/NICU/PICU)
·
Modul Instalasi
Hemodelisia
·
Modul Medical Check Up
3. Sistem Farmasi
·
Modul Pengendalian
Stok
·
Modul Gudang Obat
·
Modul Floor Stock
·
Modul Apotek (multi
apotek)
4. Sistem Penunjang
Medis
·
Modul Laboratorium
·
Modul Radiologi
·
Modul Bank Darah
·
Modul Fisioterapi
·
Modul Rehab Medis
·
Modul Kamar Jenazah
·
Modul Manajemen Dapur
·
Modul Gizi
·
Modul Rekam Medik
5. Sistem Aset /
Inventori
6. Sistem Keuangan dan
Akuntansi
·
Modul Hutang
·
Modul Piutang
·
Modul Kas-Bank
·
Modul Budgeting
·
Modul Akutansi
7. Sistem Human
Resources Development (HRD)
·
Modul Personalia
·
Modul Penggajian /
Payroll
·
Modul RSU Pendidikan
8. Sistem Manajemen
·
Modul Manajemen
Pelayanan
·
Modul Manajemen
Farmasi
·
Modul Manajemen Aset
·
Modul Pemasaran dan
Publikasi / PR
Fitur Unggulan
·
Pencatatan akuntasi
secara accrual
·
Pencatatan jasa
layanan dengan multi tarif: berdasar perda dan KSO (Askes)
·
Mendukung integrasi
dengan sistem luar seperti sistem ASKES
·
Fasilitas perhitungan
unit cost
·
Perhitungan jasa
pelaksana layanan dilakukan secara accrual
·
Antrian pasien tiap
unit pelayanan otomatis berdasar kedatangan loket
SIMRS antrian pasien
rawat jalan
SIMRS: Fasilitas stock
opname semua unit
·
Billing System
terintegrasi secara langsung dengan Sistem Akuntasi
Salah satu fasilitas
pembuatan laporan SIMRS
·
Analisis statistik
diagnosa dan pembedahan terhadap pasien bisa disesuaikan dengan Standard
Internasional yang telah ditetapkan WHO
·
SIMRS telah
menggunakan standar ICD X dalam input diagnosa dan tindakan
mbak itu nomer antriannya kalo ganti hari ngerubah lagi dari nol g?
BalasHapussoaly kalo menurut logika kan kalo udah ganti hari nomor antrian tuh harus dari nol bkan nerusin dari nomer sebelumnya
kalo bisa mulai dari nol lagi jelasin dong mbak logikanya dan cara perkodingan atau pembuatany
thx